Cara Daftar DTKS
Cara Daftar DTKS. foto: beritasatu.com

Cara Mendaftar Untuk Bantuan Sosial 2021

Ada berbagai jenis bantuan pemerintah (Bansos) 2021. Mereka yang ingin menerima bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) perlu memahami hal ini sebelum mengidentifikasi penerima PKH di Cekbansos.kemensos.go.id.

Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), pemerintah banyak menyalurkan bantuan sosial, PKH diberikan kepada 10 juta keluarga dengan pengelola keluarga dan standar komponen.

Indeks Dukungan Tahunan Program PKH, dikutip dari situs resmi Kementerian Sosial, meliputi:

BACA JUGA  Cek dan Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin

Bantuan sosial ibu hamil dan anak usia dini Rp 3 juta per tahun Anak SD Rp 900.000 per tahun Anak SMP Rp 1,5 juta per tahun Periode Januari-Desember (dibayarkan setiap 3 bulan) dan Penyandang Disabilitas Rp 2,4 juta Mekanisme yang digunakan adalah transfer tunai.

Untuk 18,8 juta rumah tangga dengan standar PKH dan Non_PKH akan mendapatkan berupa Bantuan Pangan Non Tunai disingkat BPNT

BACA JUGA  Persyaratan Penerima Manfaat Paket Kuota Data Internet 2021

Penyaluran BPNT berupa bantuan Rp200.000 per bulan pada Januari-Desember menggunakan mekanisme yang digunakan dalam E-Warong transfer tunai, pembayaran pos dan sembako.

Selain itu, ada Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diberikan kepada 10 juta rumah tangga non-PKH dan non-BPNT dengan bantuan bulanan sebesar Rp 300.000 dari Januari hingga Juni (6 bulan). Direktur.

BACA JUGA  Dukung Batik Dengan Twibbon Batik

Selain itu, 5,9 juta rumah tangga dengan standar penerima tidak lancar akan diberikan bantuan BPNTPPKM bulanan sebesar Rp200.000 dari Juli hingga Desember (6 bulan) menggunakan mekanisme tunai dan pos.

Cara mendaftar untuk Bantuan Sosial 2021

Cara mengetahui untuk daftar bansos 2021, Data masyarakat sebagi acuan penyaluran bansos sebagaimana Data Terpadu Kesejahteraan Sosial disingkat DTKS terkait dengan data tsb.

BACA JUGA  Inilah Jenis Pekerjaan Baru 2021, Banyak Perusahaan Membutuhkannya

DTKS adalah data terpadu kesejahteraan sosial yang mencakup kebutuhan pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber daya kesejahteraan sosial (PSKS).

DTKS mencakup 40 persen penduduk dengan status kesejahteraan sosial terendah.

Berikut cara mendaftar DTKS untuk mendapatkan Bansos 2021:

  • Masyarakat (miskin) akan membawa KTP dan KK untuk mendaftar ke desa/kelurahan setempat.
  • Hasil partisipasi aktif di desa miskin/Kerlahan akan diadakan di tingkat desa/Kerlahan untuk membahas kondisi warga yang layak mengikuti DTKS berdasarkan daftar awal dan usulan baru.
  • Musdes/Muskel membuat berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah dan perangkat desa lainnya. Ini akan menjadi daftar putar terakhir.
  • Dalam Verifikasi dan validasi data menggunakan peralatan DTKS lengkap melalui kunjungan rumah yang digunakkan dinas kesejahteraan social setelah playlist final hasil Musdes/Muskel
  • Data yang telah divalidasi dan divalidasi dimasukkan ke dalam aplikasi SIKS offline oleh Operator Desa/Kecamatan.
  • Data yang dimasukkan secara offline dengan SIKS akan diekspor dalam bentuk file berekstensi siks.
  • Berkas ini dikirim ke dinas sosial untuk mengimpor data ke dalam aplikasi SIKS online.
  • Walikota/Bupati akan mendapatkan laporan dari hasil verifikasi dan validasi.
  • Bupati/Walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan oleh Gubernur untuk diserahkan kepada Menteri.
  • Penyerahan dilakukan dengan mengunggah formulir persetujuan Bupati/Walikota dan berita acara Masdes/Maskel serta memasukkan data hasil verifikasi verifikasi ke dalam SIKS-NG. Jadi kalau masuk DTKS otomatis dapat bansos?
BACA JUGA  Info Perpanjangan Bantuan di Tahun 2021

Bantuan sosial tidak serta merta diterima karena program bansos memiliki syarat dan mekanisme tersendiri yang ditentukan oleh penyelenggara program sesuai dengan variabel yang dipersyaratkan oleh DTKS dan dibatasi oleh penugasan tertentu, kata masyarakat.

Sebaliknya, jika nama tersebut tidak tercantum dalam DTKS, mohon disampaikan dengan prosedur sebagai berikut:

  • Anda bisa aktif mengajukan ke desa/kerlahan untuk melamar ke DTKS. Kepala desa/Lula menyampaikan data pendaftaran kepada bupati/walikota melalui camat.
  • Sebelum disahkan oleh Bupati/Walikota, validasi dan validasi data dilakukan oleh dinas kesejahteraan sosial dengan mengisi dokumen secara lengkap melalui kunjungan rumah.
  • Hasil verifikasi dan validasi akan dilaporkan kepada Bupati/Walikota. Bupati/walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi kepada gubernur dan diteruskan kepada menteri.
BACA JUGA  Begini Cara Daftar Untuk Vaksin

Verifikasi Penerima Bansos untuk 2021

Oleh karena itu, jika Anda memahami apa itu Bansos 2021 dan cara mendaftar Bansos 2021, Anda perlu mengetahui cara mengidentifikasi penerima. Anda dapat dengan mudah melihat penerima Bansos 2021 di Cekbansos.kemensos.go.id menggunakan komputer atau smartphone Anda.

Jika Anda sudah mengunjungi laman Cekbansos.kemensos.go.id, berikut langkah-langkah verifikasi penerima PKH Anda di Cekbansos.kemensos.go.id.

  • Masukkan Negara Bagian, Provinsi, Kecamatan, Desa / Kerlahan
  • Silakan masukkan nama Anda PM (penerima) dengan kartu ID
  • Masukkan kode 8 karakter (dipisahkan dengan spasi) di kotak kode.
  • Jika karakter kode tidak jelas, klik ikon untuk mendapatkan karakter kode baru
  • Klik tombol Cari Data. Sistem cek Kemensos mencari nama-nama PM (penerima bantuan) sesuai wilayah yang Anda masukkan.
BACA JUGA  5 Daftar Bantuan Cair Di September 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *