Dukung Batik Dengan Twibbon Batik 2021
Dukung Batik Dengan Twibbon Batik 2021 . Foto: Twibbonize.com

Dukung Batik Dengan Twibbon Batik

Twibbon Batik adalah media promosi, pamflet, atau spanduk yang menggabungkan foto batik dengan bingkai yang diedit agar terlihat lebih menarik.

Prosedur pemasangan Twibon foto hari batik ini sangatlah sederhana. Inilah cara Anda melakukannya sendiri:

  • Kunjungi situs Twibbonize.com
  • Tap “batik” di kolom pencarian yang ada
  • Pilih salah satu desain Twibbon favorit Anda
  • Klik pada gambar Twibbon yang dipilih
  • Mengklik “Pilih Foto” akan meminta Anda untuk memilih dan memasang foto dari galeri
  • Klik Berikutnya
  • Tunggu proses hingga 100% selesai, lalu klik Download Foto
  • selesai
BACA JUGA  5 Daftar Bantuan Cair Di September 2021

Memasang foto twibon di hari batik nasional tepatnya 2 Oktober 2021 sangat mudah. Anda juga dapat memasang twibbon foto ini di ponsel Anda dan membagikannya langsung ke media sosial.

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

BACA JUGA  Persyaratan Penerima Manfaat Paket Kuota Data Internet 2021

Bagi orang Indonesia, batik sudah tak lagi asing. Selembar kain batik tak cuma indah dipandang, tapi juga menyimpan sejarah panjang di baliknya, dari budaya, perseteruan, tingkat kehormatan, sampai akhirnya diakui PBB.

Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh Presiden ke-2 RI Soeharto saat menghadiri konferensi PBB. Sebelumnya dia juga kerap memberikn batik sebagai oleh-oleh untuk tamu negara.

BACA JUGA  Begini Cara Daftar Untuk Vaksin

Perjalanan panjang itu pun baru berbuah pada 9 Januari 2009 di era pemerintahan Presiden SBY. Batik diterima secara resmi oleh UNESCO, kemudian baru dikukuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi usai sidang ke-4 UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Menyambut baik hal tersebut, Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapkan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia. Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

BACA JUGA  Cek Penerima Bansos 2021 dari Pemerintah

UNESCO menilai bahwa teknik, simbol, dan budaya batik melekat dengan jalan panjang kebudayaan Indonesia.

Keistimewaan batik

Batik datang dalam berbagai jenis dan karakteristik, tergantung dari mana ia dibuat. Mulai dari Parambatik, Megamendung, Sekar Jagad, hingga tujuh bentuk batik.

Setiap batik juga memiliki filosofi tersendiri yang melengkapi ciri khas batik sebagai budaya Indonesia.

BACA JUGA  Inilah Jenis Pekerjaan Baru 2021, Banyak Perusahaan Membutuhkannya

Zaman terus berkembang pesat, disadari atau tidak. Begitu pula terkadang dengan batik yang terus berkembang.

Sejak zaman Majapahit hingga saat ini batik sudah dikenal dan terus dikembangkan. Batik kini dapat diproses dalam bentuk cetak dan seharusnya lebih efektif dalam pembuatannya. Jelas, ini berkat bantuan teknologi modern.

Tahukah Anda bahwa batik printing, di sisi lain, dianggap “melecehkan batik asli”? Kenapa bisa dikatakan seperti itu?

BACA JUGA  Info Perpanjangan Bantuan di Tahun 2021

Pasalnya, batik dibuat dengan cara yang unik. Dengan menggunakan alat berbentuk lantunan, pembatik dengan sabar dan sabar menggambar pola.

Di sisi lain, pencetakan batik sangat mudah dan efisien karena dilakukan dengan cara yang mirip dengan sablon.

Tentu dari segi kualitas, batik printing tentu lebih baik. Namun dari sisi keunikan dan kredibilitas batik tentu berbeda.

BACA JUGA  Cek dan Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin

Nilai-nilai budaya yang diwariskan perlu tidak hanya filosofi motivasi, tetapi juga nilai-nilai karakteristik seperti kesabaran dan kesabaran. Batik dibuat dengan bantuan lilin panas, ekspresi jiwa yang lengkap. Tak heran jika harga batik tulis cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *