5 Daftar Bantuan Cair Di September 2021
5 Daftar Bantuan Cair Di September 2021

5 Daftar Bantuan Cair Di September 2021

Pemerintah berupaya keras memulihkan kondisi kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi saat ini. Untuk memulihkan kesehatan, pemerintah mempercepat pengadaan vaksin. Sementara itu, pemerintah kini mulai meluncurkan berbagai jenis bantuan untuk memulihkan perekonomian.

Ada berbagai jenis dukungan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat.

BACA JUGA  Info Perpanjangan Bantuan di Tahun 2021

Semuanya diberikan oleh pemerintah agar daya beli masyarakat tetap terjaga demi menjaga stabilitas ekonomi negara kita.

Bantuan Sosial (Bansos) terus disalurkan pemerintah di tengah kebijakan PPKM yang berlanjut.

Bansos merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bansos yang sudah 100% tersalurkan adalah bantuan beras 10 kg untuk 28,8 juta keluarga.

BACA JUGA  Inilah Jenis Pekerjaan Baru 2021, Banyak Perusahaan Membutuhkannya

Nah selain itu ada juga Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai yang telah 100% tersalurkan untuk 8,8 juta orang.

Lalu apa saja yang bakal cari di bulan September 2021 ini?

Berikut daftarnya :

Program Keluarga Harapan

PKH atau Program Keluarga Harapan akan disebar kepada 10 juta penerima. PKH adalah bantuan untuk anak sekolah sampai ibu hamil.

BACA JUGA  Cek dan Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin

Anak sekolah tingkat SD akan dapat Rp 900 ribu, anak SMP 1,5 juta dan SMA Rp 2 juta. Sedangkan ibu hamil Rp 3 juta. Ini diberikan per tahun.

Bantuan Subsidi Upah

Pemerintah memastikan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji tahap ketiga akan mulai dicairkan di awal September 2021. Namun, belum diketahui secara pasti kapan waktu yang pas.

BACA JUGA  Dukung Batik Dengan Twibbon Batik

Berdasarkan data otoritas ketenagakerjaan, seharusnya ada 1,5 juta calon penerima subidi upah. Namun setelah diverifikasi, ada 71.931 pekerja yang tidak lolos lantaran telah menerima bantuan sosial lainnya.

Adapun kriteria penerima BSU telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) 16/2021. Dalam aturan tersebut, dikatakan bahwa penerima BSU adalah pekerja dengan gaji paling banyak Rp 3,5 juta per bulan. Adapun besaran bantuannya Rp 1 juta.

BACA JUGA  Begini Cara Daftar Untuk Vaksin

Kuota Internet

Terakhir, pemerintah memperpanjang bantuan subsidi kuota internet hingga akhir tahun, yang semula berakhir pada Mei lalu. Bantuan subsidi akan diberikan kepada 38,1 juta siswa dan tenaga pendidik seperti guru dan dosen.

Dukungan Paket Kuota Data Internet merupakan dukungan yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada siswa, guru, mahasiswa, dan instruktur dalam bentuk kuota data internet seluler dengan tujuan mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis rumah di masa pandemi. Informasi mengenai daftar halaman dapat dilihat di halaman Kemdikbud

BACA JUGA  Info Syarat Ikut Pertukaran Pelajar Program Yes Untuk Siswa SMA/Sederajat 2021

Diskon Tarif Listrik

Pemerintah telah memperpanjang diskon tarif listrik 50% sampai Desember 2021 bagi pelanggan rumah tangga golongan 450 volt ampere (VA) dan 900 VA.
PT PLN (Persero) mendapatkan penugasan untuk menyalurkan diskon tarif listrik ini.

Penerima subsidi listrik nantinya akan mengacu pada DTKS Kementerian Sosial. Pengkajian ulang data ini khususnya untuk data pelanggan listrik berdaya 450 VA. Data pelanggan 450 VA ini akan dicocokkan dengan DTKS.

BACA JUGA  Cek Penerima Bansos 2021 dari Pemerintah

Bantuan Uang Kuliah (UKT)

Bantuan Uang Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester III, V, dan VII. Bantuan UKT diberikan kepada 300 ribuan mahasiswa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *