Pentingnya Persona Pembeli Dalam Bisnis
Pentingnya Persona Pembeli Dalam Bisnis. foto: pixabay.com

Apa itu Persona Pembeli? Dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Perusahaan perlu menciptakan persona pembeli, yang sangat relevan bagi pengusaha baru. Metodenya adalah sebagai berikut

Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk mendorong lebih banyak penjualan dan keuntungan. Tetapi jika Anda tidak tahu persis kepada siapa Anda menjual, itu bisa menjadi tugas yang menakutkan.

BACA JUGA  5 Contoh Bisnis Online Layak Untuk Ditekuni

Jika Anda seorang pengusaha baru dan baru saja terjun ke pemasaran, Anda perlu mengetahui segalanya tentang satu detail pemasaran (persona pembeli).

Jika Anda tidak tahu apa itu, jangan khawatir. Artikel ini mencakup semua tentangnya, termasuk lima langkah penting untuk menciptakan persona pembeli yang mendetail.

Apa itu Persona Pembeli?

Persona pembeli pada dasarnya adalah representasi terperinci dari klien atau pelanggan ideal. Ini dapat memberi Anda semua jawaban tentang mereka, termasuk usia, jenis kelamin, dan yang lainnya:

  • Dimana mereka nongkrong?
  • Dalam bahasa apa mereka berbicara?
  • Apa yang mereka suka
  • Apa yang mereka benci?
  • Apa yang memotivasi mereka untuk membuat keputusan?
  • Apa yang membangunkan mereka di malam hari?
  • Apa masalah mereka, juga dikenal sebagai masalah mereka?
BACA JUGA  Pingin Bisnis Online Modal Kecil, Berikut Daftarnya

Dengan semua jawaban seperti itu, Anda dapat membuat dan memulai kampanye pemasaran yang lebih baik dan berbicara dengan audiens Anda menggunakan istilah yang mereka kenal.

Akhirnya, jika semuanya berjalan dengan baik, Anda dapat menggandakan respons dan tingkat konversi Anda.

Bagaimana persona pembeli dapat membantu Anda
Sebagai pengusaha atau perencana solo, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda perlu menghabiskan waktu mempelajari audiens Anda dan menciptakan persona pembeli.

BACA JUGA  Cara Memulai FAQ Bisnis Online

Lagi pula, Anda baru saja memulai. Kamu tidak sebesar itu sekarang, kan? Bahkan jika perusahaan Anda hanya memiliki satu situs web dan Anda adalah satu-satunya karyawannya, penting untuk mengetahui kepribadian pembeli Anda.

Mengapa? Nah, jawabannya sederhana. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda cari, Anda tidak yakin apakah Anda telah menjangkau orang yang tepat atau terlalu lama untuk menarik jenis audiens yang salah.

BACA JUGA  Ingin Sukses Dalam Berbisnis

Oleh karena itu, Anda perlu mendefinisikan persona pembeli. Tidak harus dokumen yang panjang. Anda dapat membuat satu pager dan menggantungnya di papan pin. Jadi, kapan pun Anda membutuhkannya, itu ada di depan Anda.

Jadi mari kita pahami cara membuatnya untuk bisnis Anda.

5 Langkah Untuk Membuat Persona Pembeli

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu persona pembeli dan mengapa Anda perlu membuatnya, Anda dapat mengikuti proses langkah demi langkah yang lengkap ini.

BACA JUGA  Awal Buka Bisnis Online Untuk Pemula

Prosedurnya melibatkan mengajukan banyak pertanyaan. Dan Anda mungkin bertanya-tanya tentang menemukan orang yang tepat untuk diselidiki. Sekarang, mari kita beralih ke klien Anda saat ini, klien potensial, klien target yang memilih untuk bersaing lebih dari Anda, referensi, jaringan pihak ketiga Anda dan banyak lagi.

Demikian pula, Anda dapat memasukkan orang-orang yang membutuhkan layanan yang Anda berikan tetapi tidak memilih untuk membelinya dari Anda atau pesaing Anda.

BACA JUGA  5 Bisnis Online Yang Banyak Peminat

Orang-orang ini perlu mendapatkan jawaban yang cukup untuk menciptakan persona pembeli yang mendetail. Dan seiring waktu, Anda dapat terus menyempurnakan dokumen ini untuk menargetkan orang yang tepat.

Langkah 1: Dapatkan detail demografis

Berikut adalah daftar pertanyaan yang perlu Anda tanyakan untuk mendapatkan informasi demografis setelah mendapatkan perhatian dari orang yang tepat.

BACA JUGA  Langkah Memulai Bisnis Online

Berapa usia, status perkawinan, pendapatan atau status keuangan, dan jenis kelamin mereka?

  • Di mana mereka tinggal?
  • Apakah mereka punya anak? Jika ya, berapa banyak?
  • Apa tingkat pekerjaan mereka saat ini?
  • Di industri apa mereka?
  • Apa tingkat pendidikan mereka?

Bergantung pada industri Anda, Anda dapat mengumpulkan lebih banyak pertanyaan dari berbagai sumber atau membuat sendiri.

BACA JUGA  Mau Tahu Tentang Bisnis Jasa Beserta Contohnya

Langkah 2: Dapatkan Detail Psikografis

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana klien ideal secara psikologis menangani hal-hal yang berhubungan dengan industri. Berikut adalah daftar pertanyaan yang Anda dapat meminta mereka untuk menemukan ini:

  • Apa yang paling menyebalkan bagi mereka?
  • Apa pengalaman terburuk mereka dengan layanan pelanggan / kontraktor?
  • Apa pengalaman terbaik mereka dengan layanan pelanggan / kontraktor?
  • Apa yang memotivasi mereka?
  • Apa yang menginspirasi mereka?
  • Apa tiga hal teratas yang ingin mereka capai dalam hidup mereka?
  • Apakah mereka menyukai pekerjaan mereka?
  • Apa pencapaian terbaik mereka sejauh ini?
  • Apa yang paling membuat mereka stres?
  • Tantangan apa yang mereka hadapi di industri?
BACA JUGA  Keuntungan Memulai Bisnis Online

Sekali lagi, Anda dapat memasukkan pertanyaan lain dan mengubahnya sesuai kebutuhan.

Langkah 3: Dapatkan detail tindakan

  • Ini juga penting untuk membuat profil persona.
  • Di mana Anda belajar tentang “topik khusus industri”?
  • Di mana mereka mendapatkan sumber daya offline?
  • Di mana mereka mendapatkan sumber daya online mereka?
  • Bagaimana mereka biasanya berinteraksi dengan kontraktor? Atau bagaimana vendor lebih suka menghubungi Anda?
  • Di mana mereka mendapatkan rekomendasi “produk atau layanan khusus industri”?
  • Berapa banyak yang mereka habiskan dengan mudah untuk berbelanja?
  • Pembelian mewah seperti apa yang telah mereka lakukan sejauh ini?
  • Berapa banyak yang dapat mereka keluarkan untuk menyingkirkan “masalah khusus industri” tertentu?
BACA JUGA  Pingin Bisnis Online Modal Kecil, Berikut Daftarnya

Langkah 4: Dapatkan lebih banyak informasi khusus industri

Orang-orang yang Anda pilih untuk survei ini, setelah mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, pekerjaan Anda belum selesai. Sekarang Anda memerlukan jawaban untuk beberapa pertanyaan seperti stions:

  • Tantangan apa yang dipecahkan oleh produk/layanan Anda?
  • Tantangan apa yang dihadapi audiens Anda saat ini?
  • Berapa nilai industri Anda?
  • Bagaimana orang biasanya membeli dari perusahaan di industri Anda?
  • Apa masalah umum yang dihadapi semua pelanggan / klien dengan produk atau layanan mereka?
BACA JUGA  Mau Tahu Tentang Bisnis Jasa Beserta Contohnya

Setelah Anda memiliki jawaban untuk semua pertanyaan di atas (Anda dapat memasukkan beberapa pertanyaan Anda sendiri), kumpulkan informasi ini untuk memperjelasnya.

Langkah 5: Kompilasi data dan masukkan detail dasar persona pembeli

Ada dua sumber data berbeda untuk membuat persona pembeli.

Salah satunya adalah pengunjung website Anda. Jika Anda melakukan pengembangan situs web atau pekerjaan teknis sendiri, Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentangnya dari berbagai sumber seperti Google Analytics.

BACA JUGA  5 Contoh Bisnis Online Layak Untuk Ditekuni

Sumber lain adalah kelompok orang yang baru saja Anda wawancarai atau selidiki, data yang telah Anda kumpulkan sejauh ini. Tugas Anda adalah menemukan ciri-ciri umum dari orang-orang ini.

Misalnya, Anda dapat melihat pos mana yang menjadi mayoritas lalu lintas dan alasannya. Dengan cara ini, Anda dapat mengidentifikasi masalah umum yang mereka coba selesaikan. Selain itu, Anda dapat membuat daftar orang-orang yang memberikan jawaban serupa dalam survei dan menuliskannya.

BACA JUGA  5 Bisnis Online Yang Banyak Peminat

Kemudian tambahkan komponen kunci persona pembeli ini untuk membuat representasi semi-fiktif dari orang-orang yang perlu Anda lacak. Anda perlu menampilkan nama, usia, gambar, jenis kelamin, suka, tidak suka, lokasi, dll.

Dengan cara ini, Anda atau tim penjualan Anda (jika ada) memberi tahu Anda jika Anda berbicara dengan klien ideal Anda dan apa yang Anda katakan untuk menarik mereka atau mengubahnya menjadi pelanggan berbayar.Anda akan tahu apa yang dapat Anda lakukan.

BACA JUGA  Ingin Sukses Dalam Berbisnis

Keahlian dalam pemasaran yang ditargetkan

Sekarang kita tahu bagaimana mengidentifikasi klien yang ideal setiap kali kita berinteraksi dengan klien potensial, saatnya untuk mengambil tindakan.

Mulai buat persona pembeli hari ini dengan sumber daya yang disediakan. Lagi pula, waktu Anda sangat penting sehingga Anda tidak dapat menghabiskannya untuk orang yang salah. Mereka kemudian berubah menjadi klien yang buruk atau tidak bertobat.

BACA JUGA  Langkah Memulai Bisnis Online
Pencarian Berdasarkan Kata KunciBuyer ,Buyer Persona ,Buyer Persona Template ,Buyer Persona Template Word ,Buyer Personal,Buyer Personas ,Persona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *