Langkah Memulai Bisnis Online
Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah Memulai Bisnis Online

Setelah memiliki model bisnis, mari kita kembangkan aspek operasional memulai bisnis online. Berikut ini adalah ikhtisar langkah demi langkah.

I. Tentukan niche dan ide bisnis

Ceruk bisnis berarti “area fokus” Anda — segmen pasar dan audiens target yang terutama Anda tuju. Ini bisa siapa saja, dari penggemar olahraga (senam, dll.) hingga penggemar (pengumpul perangko, dll.) hingga profesional (pengembang perangkat lunak, dll.).

BACA JUGA  Apa itu Persona Pembeli? Dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Anda harus memilih ceruk untuk bisnis baru Anda. Bagaimana Anda menemukan yang baik? Pastikan audiens target Anda memiliki:

  • Masalah yang belum pernah dipecahkan oleh orang lain.
  • Kesediaan membayar untuk solusi masalah.
  • Penghasilan tambahan yang cukup untuk memberikan solusi.
  • Hindari niche yang tidak memenuhi ketiga kriteria tersebut. Sudah susah membangun bisnis online. Ketika Anda mengejar orang yang tidak membutuhkan produk Anda, tidak mampu membelinya, atau tidak tertarik, Anda mempersulit diri Anda sendiri.

II. Lakukan survei produk

Anda dapat menjual tiga jenis utama produk e-commerce secara online. Masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya.

1. Barang fisik.

Sesuai namanya, ini adalah objek material yang perlu diproduksi, disimpan di gudang, dan dikirim ke pelanggan. Menjual produk fisik bisa menguntungkan, tetapi jika Anda tidak mengelola biaya operasional dengan benar, margin keuntungan Anda bisa rendah.

BACA JUGA  Ingin Sukses Dalam Berbisnis

2. Unduhan digital.

Anda juga bisa menjual produk digital. Misalnya, apa pun yang dapat diunduh pelanggan ke perangkat mereka

Ebook, kursus audio, kursus online, dll.

Produk digital memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi (dibandingkan dengan produk fisik). Namun, berhati-hatilah saat menetapkan harga, karena sering kali dianggap kurang berharga dibandingkan produk fisik.

3. Layanan.

Anda dapat menjual hampir semua layanan yang tersedia dari jarak jauh secara online. Menjual layanan adalah cara tercepat untuk memulai (dan menghasilkan keuntungan) bisnis online. Tapi itulah model bisnis yang Anda jual waktu Anda. Ini berarti Anda memiliki potensi pendapatan yang terbatas karena waktu yang terbatas setiap hari. Kecuali jika Anda masuk ke agensi.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Jasa Desain Online Menguntungkan

III. Pelajari tentang hukum bisnis online

Pemilik usaha kecil mungkin berpikir bahwa hukum bisnis tradisional tidak berlaku karena mereka menjalankan bisnis online. Itu tidak benar.

Bisnis online memerlukan lebih sedikit lisensi dan izin daripada operasi di dalam toko, tetapi masih perlu memilah beberapa detail hukum yang penting. Secara khusus:

  • Izin usaha apa (jika ada) yang saya perlukan untuk memulai usaha?
  • Struktur hukum apa yang paling masuk akal (bisnis perorangan, perseroan terbatas, atau perusahaan)?
  • Apakah ada izin yang harus saya dapatkan?
  • Apakah ada ujian yang harus dilalui?
  • Apakah saya memerlukan lisensi pajak penjualan?
  • Apakah ada peraturan khusus yang hanya berlaku untuk bisnis online?
  • Apa undang-undang tentang mempekerjakan kontraktor dan mempekerjakan karyawan?
  • Cari tahu lebih lanjut tentang undang-undang dan peraturan bisnis online untuk perusahaan e-commerce.
BACA JUGA  5 Contoh Bisnis Online Layak Untuk Ditekuni

Catatan: Setiap negara bagian atau negara memiliki hukumnya sendiri. Selalu periksa dengan pemerintah daerah Anda untuk informasi. Juga, jika Anda mampu membelinya, carilah bantuan hukum profesional.

IV. Lakukan riset pasar

Lakukan riset pasar online untuk mempelajari apa yang diinginkan, dibutuhkan, dan kurang dari audiens target Anda.

Riset pasar adalah langkah penting dalam memulai bisnis online Anda sendiri. Ini membantu Anda menentukan kedalaman, daya saing, dan profitabilitas industri pilihan Anda. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah memulai penawaran di mana tidak ada yang tertarik untuk membeli. Riset pasar juga membantu memvalidasi ide produk, harga, dan permintaan.

BACA JUGA  5 Ide Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Berikut cara memulai riset pasar:

1. Periksa SERP.

Cari variasi kata kunci produk / layanan dan analisis Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP). Jenis konten apa yang saat ini berada di peringkat halaman pertama? Perusahaan apa yang membayar untuk beriklan selain hasil pencarian organik?

Melakukannya akan membantu Anda menilai kompetisi sebelumnya. Selain itu, dapatkan informasi tentang SEO awal dan strategi pemasaran digital berdasarkan konten yang disukai audiens target Anda.

BACA JUGA  Awal Buka Bisnis Online Untuk Pemula

2. Selidiki pesaing.

Kami juga ingin melihat lebih dekat pada pesaing utama kami (di luar SERP). Apa usaha bisnis terbesar di niche Anda? Berapa banyak uang yang mereka hasilkan? Apa kekuatan dan kelemahan mereka?

Dengan menempatkan mikroskop di atas pemain lain, Anda dapat memahami apa yang dapat memberi Anda keunggulan kompetitif melawan mereka.

3. Lacak kata kunci berkinerja tinggi.

Dengan memantau kata kunci terkait niche, Anda dapat menganalisis bagaimana permintaan untuk berbagai produk di niche Anda berubah dan konten mana yang paling berperingkat.

Berikut adalah beberapa alat hebat untuk itu:

  • Google Trends (gratis)
  • Perencana Kata Kunci Google (Gratis)
  • Ahrefs (berbayar)
  • Semrush (berbayar)
BACA JUGA  Hal Ini Menyebabkan Usaha Tak Kunjung Terlaksana

V. Tentukan audiens target

Untuk mengumpulkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda, Anda harus sepenuhnya memahami siapa audiens target Anda. Periksa data demografis dan psikografis untuk mempelajari kebutuhan dan preferensi mereka.

1. Demografi.

Data demografi mencakup karakteristik sosial ekonomi dasar seperti usia, jenis kelamin, etnis, pendapatan, dan jabatan.

2. Psikografis.

Data psikografis memuat berbagai karakteristik psikologis seperti nilai, keyakinan, minat, dan opini.

Menggabungkan wawasan ini akan membantu Anda memahami sepenuhnya kebutuhan, preferensi, dan motivasi pembelian pembeli yang ideal.

VI. Sumber produk untuk dijual online

Jika produk Anda ok, Anda tidak dapat menjalankan bisnis online yang sukses. Karena Anda mengunjungi halaman tren di media sosial … untuk semua alasan yang salah. Oleh karena itu, luangkan waktu ekstra untuk mempertimbangkan strategi sumber produk Anda.

BACA JUGA  10 Bisnis Teratas Masa Depan

1. Buat produk Anda sendiri.

Jika Anda berencana untuk menjual produk digital Anda, opsi ini relatif mudah. Namun, pembuatan produk fisik melibatkan banyak kerja keras dalam hal desain, interaksi, pemilihan bahan, dan sebagainya. Ini juga meningkatkan biaya ekonomi. Namun, manufaktur selalu memiliki keunggulan dalam hal kualitas yang kompetitif, jangkauan produk dan merek.

2. Temukan pengirim drop.

Anda dapat menemukan produsen yang memungkinkan Anda untuk dropship produk mereka. Banyak pemilik usaha kecil menegosiasikan transaksi dropshipping dengan produsen asing (terutama yang berbasis di Asia) untuk mengimbangi biaya bisnis.

BACA JUGA  5 Bisnis Online Yang Banyak Peminat

3. Bekerja dengan grosir.

Atau, Anda dapat menemukan grosir yang menawarkan berbagai produk untuk dibeli dan dikurasi di toko online. Anda juga dapat menemukan grosir yang mendistribusikan produk Anda untuk Anda (jika Anda berencana untuk memproduksinya).

VII. Mengevaluasi kelayakan produk

Sebelum Anda membeli atau membuat pesanan massal, Anda perlu mengevaluasi kelayakan produk Anda secara komprehensif. Untuk melakukan ini, ajukan pertanyaan berikut:

  • Apakah ada bisnis online yang sukses yang sudah menjual produk seperti itu?
  • Apakah permintaan akan produk ini berkelanjutan? Atau itu sementara?
  • Apakah matematika di balik produk ini masuk akal? Bisakah Anda mendapat untung dan menjualnya?

Ingatlah bahwa tidak masalah seberapa keren tampilan produknya. Yang penting adalah layak dari perspektif bisnis.

BACA JUGA  Ternyata Jadi Reseller Online Menjanjikan, Ketahui Sebelum Terjun Langsung

VIII. Tentukan merek dan citra Anda

Merek adalah “suasana” keseluruhan bisnis Anda. Anda menginginkan semuanya, mulai dari nama dagang hingga desain web dan salinan untuk menyampaikan gambar dan ide visual yang konsisten. Hal yang sama berlaku untuk kehadiran Anda di luar situs — media sosial, buletin email, dan bahkan pengemasan.

Ingatlah hal-hal berikut saat mengerjakan identitas merek Anda:

  • logo.
  • Skema warna.
  • Tata letak halaman.
  • Tipografi.
  • Grafik dan foto.

Citra merek Anda harus merupakan hasil dari semua faktor yang bekerja sama.

IX. Luncurkan toko online

Langkah selanjutnya dalam rencana bisnis Anda adalah mempersiapkan peluncuran. Ini berarti menyiapkan dan mengonfigurasi situs web e-niaga Anda.

BACA JUGA  Ternyata Jadi Reseller Online Menjanjikan, Ketahui Sebelum Terjun Langsung

1. Pilih platform e-niaga Anda.

Platform e-commerce adalah tulang punggung teknis untuk penjualan online. Perangkat lunak tersebut menyediakan semua fungsi yang Anda butuhkan, mulai dari katalog produk hingga pemrosesan pembayaran.

2. Tambahkan produk.

Setelah memilih platform dan tema toko, tambahkan produk ke katalog Anda. Saat Anda, berikan perhatian khusus:

  • Gambar produk. Ini memberikan visual resolusi tinggi yang menampilkan produk dari sudut yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan ini tentang fotografi e-niaga.
  • Deskripsi Produk. Jangan daftar fungsi. Fokus pada manfaat yang Anda dapatkan. Posting ini memberikan formula sederhana untuk menulis deskripsi produk yang menarik.
  • Gambar produk dan deskripsi produk memiliki dampak yang signifikan pada tingkat konversi pada halaman produk Anda. Jadi luangkan waktu untuk memperbaikinya!
BACA JUGA  10 Bisnis Teratas Masa Depan

3. Pilih metode pengiriman.

Pengiriman cepat dan gratis adalah kekuatan pendorong nomor satu untuk pembelian online dan sudah 6 tahun berturut-turut! ).

Pastikan bahwa semua produk mencapai pelanggan Anda tanpa penundaan. Ada beberapa strategi pengiriman untuk itu.

  • Ambil di toko
  • Pengangkut barang LTL
  • Pengiriman hari yang sama atau hari berikutnya
  • Bebas biaya kirim

4. Pastikan semuanya bekerja.

Terakhir, setelah toko e-niaga aktif dan berjalan, uji tiga kali semua aspek. Konfirmasikan:

  • Semua halaman terlihat bagus di semua perangkat (desktop, tablet, seluler).
  • Situs web ini berfungsi dengan baik di banyak browser (Chrome, Brave, Firefox, dll.).
  • Semua tombol dapat diklik / terhubung ke aplikasi yang benar.
  • Jika Anda memiliki anggaran, sewa spesialis QA untuk menjalankan tes dan melaporkan temuan Anda.
BACA JUGA  Peluang Bisnis Jasa Desain Online Menguntungkan

X. Kembangkan bisnis Anda

Setelah semua pengaturan selesai, mulailah mengarahkan lalu lintas ke toko e-niaga Anda. Prioritaskan saluran berikutnya.

Iklan berbayar. Alokasikan anggaran iklan Anda untuk iklan PPC (bayar per klik) di jejaring sosial dan hasil pencarian. Ini adalah cara termudah untuk meningkatkan kesadaran merek di toko baru Anda.

Pemasaran influencer. Bermitra dengan influencer media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Ini adalah cara mudah lain untuk menunjukkannya di depan audiens target Anda.

BACA JUGA  5 Ide Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Pemasaran media sosial. Lengkapi kampanye berbayar Anda dengan lalu lintas organik dengan membangun audiens Anda di Instagram dan Facebook.

Optimisasi mesin pencari (SEO). Pastikan semua halaman situs web dioptimalkan SEO. Selanjutnya, buat strategi pemasaran konten untuk blog Anda.

Email Pemasaran. Dapatkan alamat email pengguna yang mengakses toko e-commerce dan buat milis. Anda kemudian dapat mempromosikan produk Anda ke pelanggan email Anda.

Sukses bisnis online yang bisa Anda pelajari

Salah satu cara terbaik untuk “mempelajari” e-commerce adalah dengan memahami apa yang telah dilakukan oleh bisnis e-commerce lain untuk sampai ke lokasi mereka saat ini.

Ringkasan

Memulai bisnis online tidak harus berlebihan. Ambil langkah demi langkah. Pertama, jelajahi ceruk pasar e-commerce dan produk dengan permintaan tinggi. Selanjutnya, pahami model bisnis dan strategi pemenuhan Anda.

BACA JUGA  5 Bisnis Online Yang Banyak Peminat

Setelah itu, kami akan mulai meluncurkan bisnis online. Pilih platform e-niaga, konfigurasikan desainnya, dan tambahkan produk ke katalog Anda. Fokus pada peningkatan lalu lintas ke toko online.

Kumpulkan data sebanyak mungkin saat bisnis Anda sudah berjalan. Kemudian analisis data itu untuk lebih memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak. Sesuaikan strategi bisnis Anda.

Dan jangan khawatir, Anda tidak tahu semua yang perlu Anda ketahui tentang e-commerce. Tidak ada yang melakukannya. Kita semua belajar sambil berjalan!

Pencarian Berdasarkan Kata KunciToko Online ,Tentukan Nince,Survey Produk ,Riset Pasar ,Merek Produk ,Langkah Langkah Bisnis Online ,Langkah Bisnis Online Shop ,Langkah Bisnis Online ,Kelayakan Produk ,Ide Bisnis Online ,Hukum Bisnis Online ,Audiens Tertarget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *