MENGOFTIMALKAN PROFIL GOOGLE BISNISKU
MENGOFTIMALKAN PROFIL GOOGLE BISNISKU

MENGOFTIMALKAN PROFIL GOOGLE BISNISKU

1. Isi seluruh profil

Mengapa harus memberikan informasi sebanyak mungkin tentang bisnis Anda ke Google. Ini memungkinkan Google untuk dengan mudah mencocokkan bisnis Anda dengan pencarian pelanggan Anda. Kata-kataDengan kata lain, itu akan meningkatkan peringkat pencarian Anda.

BACA JUGA  Hal Ini Menyebabkan Usaha Tak Kunjung Terlaksana

Seperti yang dijelaskan Google, “Hasil pencarian lokal memprioritaskan hasil yang paling relevan untuk setiap pencarian, dan perusahaan dengan informasi yang lengkap dan akurat dapat dengan mudah mencocokkan pencarian yang tepat.”

Artinya, Anda perlu memasukkan detail kontak, kategori, atribut, dan sebagainya. Jika memungkinkan, gunakan kata kunci yang sesuai.

Google menentukan peringkat lokal berdasarkan tiga faktor:

  • Relevansi: Seberapa cocok daftar Anda dengan pencarian Anda.
  • Jarak: Seberapa jauh lokasi Anda dari pencari atau pencari.
  • Keunggulan: Seberapa terkenal bisnis Anda (berdasarkan beberapa faktor lain).
BACA JUGA  Pingin Bisnis Online Modal Kecil, Berikut Daftarnya

Menggunakan kata kunci yang tepat akan meningkatkan relevansi. Tidak yakin harus mulai dari mana? Coba Google Trends.

Misalnya, jika Anda menjalankan toko pakaian bekas, telusuri “pakaian bekas” di daerah Anda. Untuk inspirasi kata kunci bisa lihat topik dan istilah terkait yang digunakan orang. Media sosial juga mempengaruhi peringkat SEO.

2. Menonjol di foto

Bantu orang lain memahami apa bisnis Anda.

Saat Anda membuat profil Google Bisnisku, Anda dapat menambahkan logo dan foto sampul seperti yang Anda lakukan di Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest. Tanpa gambar-gambar ini, akan sulit bagi orang untuk mengenali merek Anda secara online.

BACA JUGA  5 Bisnis Online Yang Banyak Peminat

Tidak hanya itu. Posting foto tambahan untuk memamerkan lokasi, produk, atau kerajinan tangan Anda. Jika Anda menjalankan restoran, posting foto makanan, menu, dan ruang makan. Pastikan tampilannya profesional dan menggugah selera, bukan resolusi rendah. Menurut Google, perusahaan yang memposting foto telah melihat peningkatan 42% dalam permintaan rute dan peningkatan 35% dalam klik situs web.

BACA JUGA  Memulai Bisnis Online Dengan 5 Cara

Jika memungkinkan, sewalah seorang fotografer profesional. Itu membuat perbedaan. Dan akhirnya membayar untuk dirinya sendiri. Daftar foto Airbnb yang diambil oleh fotografer profesional menunjukkan peningkatan pendapatan sebesar 40%, peningkatan pemesanan sebesar 24%, dan peningkatan tarif per malam sebesar 26%. Jika Anda tidak mampu menyewa seorang ahli, baca tips fotografi ini.

Menambahkan foto ke profil Google Bisnisku:

  • Masuk ke Google Bisnisku.
  • Buka lokasi yang ingin Anda kelola.
  • Klik [Foto] dari menu.
  • Tambahkan jenis foto yang Anda inginkan
  • Unggah foto dari komputer Anda atau pilih foto yang sudah Anda unggah.
BACA JUGA  Mau Tahu Tentang Bisnis Jasa Beserta Contohnya

3. Posting berita, pembaruan, dan penawaran khusus

Informasi tentang profil Google Bisnisku, seperti alamat, jam buka, dan informasi kontak Anda, harus selalu akurat dan terbaru. Apabila ada perurubahan pastikan untuk segera edit informasi.

Anda juga dapat membuat postingan bisnis untuk memberi tahu pelanggan Anda tentang pembaruan, produk baru, penawaran, dan acara. Bergantung pada tujuan Anda, postingan ini dapat membuat profil Anda selalu terbarui, meningkatkan penjualan, dan mendorong kunjungan ke toko fisik atau digital.

BACA JUGA  Awal Buka Bisnis Online Untuk Pemula

Membuat postingan di Google:

  • Masuk dan buka lokasi dari Google Bisnisku yang ingin dikelola.
  • Dari opsi yang ditampilkan, pilih jenis posting yang ingin Anda buat.
  • Masukkan informasi yang relevan di setiap bidang. Salinan harus ringkas, termasuk rincian yang diperlukan. Hindari memiliki terlalu banyak bahasa gaul komersial dan tanda baca (!!!!!).
  • Klik Pratinjau untuk memeriksa ulang format dan ejaan. Jika Anda perlu mengeditnya, klik panah kembali.
  • Saat Anda siap, klik Publikasikan.
BACA JUGA  APA ITU ETF BLOCKCHAIN?

Jika jenis posting yang Anda pilih menyertakan opsi untuk menyertakan media kaya, ambil kesempatan itu. Menurut Google, orang lebih terlibat dalam postingan yang berisi foto, video, atau GIF.

4. Tambahkan fitur dan atribut khusus

Bergantung pada kategori yang Anda pilih, Anda dapat memanfaatkan fitur khusus di akun Google Bisnis Anda.

Berikut ini adalah ikhtisar fitur khusus kategori yang tersedia.

  • Hotel dapat melihat peringkat kelas dan daftar fasilitas yang ditawarkan.
  • Restoran dan bar memungkinkan Anda mengunggah menu, memamerkan hidangan populer, dan menambahkan tautan ke pesanan dan pemesanan online.
  • Menambahkan tombol pemesanan layanan di menu apabila perusahaan itu berorientasi pada layanan.
    UKM dapat menambahkan katalog produk
BACA JUGA  Peluang Bisnis Jasa Desain Online Menguntungkan

Jika menurut Anda bisnis Anda memenuhi syarat untuk salah satu fitur ini, tetapi Anda tidak melihatnya, Anda mungkin telah memilih kategori yang salah. Untuk kategori bisa Anda pilih hingga 10 katagori.

Anda juga dapat menambahkan atribut fakta ke profil Anda untuk membagikan lebih banyak informasi yang mungkin menarik bagi pelanggan Anda. Jika Anda menjalankan toko atau restoran, ada baiknya untuk membagikan bahwa itu dapat diakses kursi roda dan menawarkan Wi-Fi gratis atau tempat duduk di luar ruangan. Jika perusahaan Anda dipimpin oleh wanita, Anda bahkan dapat berbagi.

BACA JUGA  BEGINI MEMVERIFIKASI BISNIS ANDA DI GOOGLE, BIAR TAMABAH OKE

Menambahkan atau mengedit atribut:

  • Di dasbor akun Anda, klik Info.
  • Temukan Tambahkan Atribut dan pilih Edit. Telusuri semua opsi yang tersedia untuk bisnis Anda atau atribut yang ingin Anda tambahkan.
  • Klik Terapkan.

5. Dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan

Orang lebih mempercayai orang lain daripada bisnis. Ulasan yang baik dapat menjadi faktor penentu dalam memberikan prospek Anda. Ulasan juga meningkatkan peringkat Google Anda.

BACA JUGA  GOOGLE BISNIS CARA LEBIH MENDAPATKAN PELANGGAN UNTUK BISNIS ANDA

Meminta ulasan terbaik setelah memberikan pengalaman dan waktu yang luar biasa. Pertimbangkan untuk membagikan kartu atau tanda terima elektronik yang meminta peninjauan, baik di toko maupun online. Google memberi bisnis akses ke perangkat pemasaran gratis dengan stiker, pos sosial, dan poster yang dapat dicetak.

Anda juga dapat membuat tautan pendek khusus untuk memberikan ulasan dengan mudah.

BACA JUGA  GOOGLE BISNIS CARA LEBIH MENDAPATKAN PELANGGAN UNTUK BISNIS ANDA

Mendapatkan URL khusus untuk akun Google Bisnisku:

  • Di dasbor, klik Info > Tambahkan Nama Singkat.
  • Harap masukkan nama pendek. Maksimal 32 karakter. Jika nama yang Anda inginkan diambil, Anda mungkin perlu mencari alternatif.
  • Klik Terapkan.

Saat Anda siap, nama pendek Anda akan muncul di profil bisnis Anda.

6. Balas ulasan dan bangun kepercayaan

Dengan membalas ulasan, kami menunjukkan kepada pelanggan kami saat ini dan di masa mendatang bahwa kami menghargai umpan balik. Menurut survei Google dan Ipsos Connect, perusahaan yang menanggapi ulasan dianggap 1,7 kali lebih andal daripada yang tidak.

BACA JUGA  Hal Ini Menyebabkan Usaha Tak Kunjung Terlaksana

Interaksi positif membangun loyalitas. Ingatlah untuk menanggapi dengan suara merek Anda, dan tetap profesional dengan masing-masing. Itu juga berlaku untuk ulasan negatif. Jangan abaikan mereka. Tingkatkan hal-hal dengan mendengarkan dan mengatasi masalah yang diangkat.

Sejujurnya, pastikan untuk meminta maaf jika Anda memiliki alasan yang baik. Jika masalahnya rumit, mintalah untuk mengirim pesan pribadi.

Pastikan untuk menjawab pertanyaan apa pun. Google Bisnisku milik Anda dapat dapat menjawab pertanyaan pelanggan yang tersisa di profil. Lakukan yang terbaik untuk memastikan Anda merespons terlebih dahulu. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa bisnis Anda aktif dan andal serta cegah potensi penyebaran informasi palsu.

BACA JUGA  5 Bisnis Online Yang Banyak Peminat

7. Kelola semuanya di satu tempat dengan Hootsuite

Melacak beberapa lokasi dan bisnis itu sulit. Untungnya, setelah Anda menerima konfirmasi Google, Anda dapat mengintegrasikan akun Google Bisnisku dengan Hootsuite.

Dari satu dasbor pusat, Anda dapat mempromosikan pembaruan perusahaan, membalas ulasan, dan melacak apa yang dikatakan orang tentang bisnis Anda. Ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memudahkan untuk mengidentifikasi tema umum.

BACA JUGA  Awal Buka Bisnis Online Untuk Pemula

Misalnya, jika orang mengajukan pertanyaan serupa di akun yang berbeda, mungkin ada baiknya memposting pembaruan. Dalam hal ini, Anda juga dapat melakukannya langsung dari dasbor Hootsuite.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menggunakan Hootsuite untuk mengelola akun Google Bisnisku.

8. Tingkatkan jangkauan berbayar dan jangkauan organik dengan wawasan

Manfaat lain dari memiliki profil Google Bisnisku adalah menyediakan akses ke wawasan. Wawasan ini melampaui Google Analytics.

BACA JUGA  Mau Tahu Tentang Bisnis Jasa Beserta Contohnya

Lacak jumlah pelanggan yang menelusuri Anda, menelepon bisnis Anda, menanyakan arah, mengeklik foto Anda, dan lainnya. Menginformasikan konten yang Anda buat untuk media social suatu tindakan yang paling populer dapat membantu Anda menyesuaikan profil dengan mengetahui kata kunci.

Wawasan Google Bisnisku juga dapat membantu dengan Google Ads. Akun Google Bisnis Anda memungkinkan Anda menggunakan ekstensi lokal di iklan Anda. Menampilkan iklan di ekstensi yang dapat diklik. Gabungkan fitur ini dengan Wawasan untuk meningkatkan keterlibatan dan mengurangi biaya per klik

Pencarian Berdasarkan Kata Kuncigoogle bisnisku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *