Foto: beritastu

NOPEMBER 2021: 5 BANTUAN TELAH TERSALURKAN

Negara Pemerintahan kita telah mencairkan 5 Bantuan November 2021 pada Senin, 1 November 2021 lalu. Adapun 5 Bantuan Pembayaran pada awal bulan November 2021 kemarin berupa BLT, BST, PKH, BNPT, dukung sosial, dukung sosial. Dukungan pemerintah untuk membantu masyarakat tidak main-main dan telah mendistribusikan kembali pada awal bulan Nopember 2021. Ada lima bantuan yang dibayarkan pada awal November 2021 yang belum dimitigasi. Dukungan ini terdiri dari dukungan Kementerian Sosial (Kemensos) atau dukungan khusus yang diberikan selama masa pandemi Covid-19. Beberapa di antaranya adalah dukungan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

BACA JUGA  Cara Mendaftar Untuk Bantuan Sosial 2021

Dukungan penuh pemerintah untuk November 2021 dapat dilihat di bawah ini:

1.Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan sosial PKH ini secara khusus ditujukan kepada penerima manfaat dari keluarga miskin. Keluarga dari keluarga miskin melakukan hal-hal sebagai berikut:  Wanita hamil dan anak usia 0-6 tahun. Anak-anak sedang menempuh pendidikan di SD, SMP, SMA, dan sederajat. Penyandang disabilitas berat dan di atas 70 tahun atau lansia.

BACA JUGA  Info Syarat Ikut Pertukaran Pelajar Program Yes Untuk Siswa SMA/Sederajat 2021

Menurut situs resmi PKH Kementerian Sosial, penyaluran bansos PKH akan memasuki tahap keempat pada November 2021. Cara mengidentifikasi penerima Bantuan Sosial PKH: Masuk ke situs https://cekbansos.kemensos.go.id Masukkan data daerah penerima. Masukkan nama penerima sesuai KTP. Masukkan kode pengambilan Klik Cari Data.

2.Diskon listrik PLN

Hingga akhir tahun 2021 diskon subsidi listrik PLN telah diperpanjang oleh pemerintah. Untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450VA, akan berlaku diskon 50%. Kedua, untuk rumah tangga dengan listrik 900 VA akan diberikan diskon 25%. Untuk mengetahui apakah Anda ingin menerima stimulus diskon dari PLN, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka website https://portal.pln.co.id
  • Klik “Diskon Stimulasi Covid-19”
  • Masukkan nomor ID pelanggan PLN dan kode tangkap Klik Cari
  • Masukkan nomor KTP, nama KTP, alamat lengkap KTP, dan kode pengambilan
    Klik “Simpan”.
BACA JUGA  Cek dan Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin

Untuk pelanggan kategori Penerima Diskon Listrik, akan ditampilkan deskripsi jumlah diskon yang akan diperoleh. Namun, jika Anda tidak termasuk dalam kategori diskon listrik, Anda akan diberi tahu bahwa Anda tidak akan menerima diskon tersebut.

3.Kartu Jakarta Pintar (KJP)

KJP merupakan bantuan sosial yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta kepada siswa setingkat SD/SMA/sederajat. Siswa yang bersekolah di sekolah negeri dan swasta berpeluang menjadi penerima, meskipun jumlah uang yang diberikan berbeda. Dana Bantuan Sosial KJP dikirim dan digunakan melalui rekening bank DKI penerima, yang dapat ditarik tunai untuk membeli kebutuhan siswa dan dapat ditarik tunai untuk uang saku atau transportasi, uang yang tidak Anda miliki tidak akan hilang.

BACA JUGA  Inilah Jenis Pekerjaan Baru 2021, Banyak Perusahaan Membutuhkannya

4.Triwulan Riset Kemendikbud

Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyalurkan bantuan tugas belajar yang disalurkan 11 hingga 15 kali dalam sebulan hingga November 2021. Rincian besaran kuota internet yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  • Siswa PAUD mendapatkan 7GB per bulan. Siswa SD, SMP, dan SMA mendapatkan 10GB per bulan. Pendidik PAUD dan SD-SMA mendapatkan 12GB per bulan. Siswa dan guru akan mendapatkan 15GB per bulan.
  • Penerima Bantuan Paket Kuota Internet 2021 akan ditentukan berdasarkan pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah divalidasi dan divalidasi.
BACA JUGA  Info Perpanjangan Bantuan di Tahun 2021

Cara cek Bantuan Kuota Internet sudah masuk:

Telkomsel: Hubungi aplikasi MyTelkomsel dari Telkomsel melalui SMS atau dengan *888#. Indosat: Gunakan aplikasi myIM3 atau tekan nomor USSD *123*075# untuk memilih nomor atau melalui XL dan Axis: Gunakan nomor *123# untuk memilih informasi atau menggunakan aplikasi myXL dan AxisNet.

5.BPUM atau BLTU KMM

Pemerintah akan menyalurkan kembali Bantuan Produksi Usaha Mikro (BPUM) kepada Pelaku Usaha Mikro melalui Koperasi dan Kementerian Usaha Kecil dan Menengah. Besaran BPUM yang diterima sama, yaitu Rp1,2 juta per usaha mikro. Pembayaran BPUM ini akan terus tersedia hingga Desember 2021. Pembayaran BPUM dilakukan melalui dua bank yang ditunjuk, Bankrayat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

BACA JUGA  Persyaratan Penerima Manfaat Paket Kuota Data Internet 2021

Ini adalah informasi tentang dukungan pemerintah yang dibayarkan pada November 2021. Selain bantuan tunai pemerintah, ada juga dukungan alokasi data internet yang tersedia untuk siswa, guru, siswa, dan guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *